Coffee Morning

Anda harus lebih Berani daripada yang Anda yakini, Anda harus lebih Kuat daripada yang tampak dan Anda harus lebih Pintar daripada yang Anda kira. AA Milne (1882-1956)

Mobil Pengantin

Minggu pagi, ketika sedang beristirahat diteras rumah sambil memandang jalan raya, tiba-tiba melintas sebuah mobil pengantin yang menggunakan mobil mini bus dengan merk panther, rekan saya langsung mengatakan "lucu ya mobil pengantin menggunakan panther".

Rekan saya bisa mengatakan demikian karena ada suatu pemahaman bahwa mobil pengantin harus lah mobil jenis sedan tanpa perlu memperhatikan merk nya. Hal ini terjadi karena adanya suatu ide/pernyataan/pandangan yang masuk kedalam pikiran/ingatannya dan hal itu diterima sebagai suatu hal yang benar/keyakinan. Hal ini akan bertentangan dengan dengan pemandangan yang dilihat oleh rekan saya, bahwa mobil pengantin yang tidak menggunakan mobil jenis sedan adalah hal yang salah dan lucu.

Sebenarnya mobil pengantin menggunakan mobil mini bus dengan merk panther tidak lah salah dan lucu, hanya saja hal tersebut tidak lazim/umum. Salah atau benar seharusnya bisa dinilai lebih bijak, apakah merugikan orang lain dan diri sendiri atau tidak. Begitu pula dengan hubungan beragama, perbedaan pendapat karena perbedaan ide/pernyataan/pandangan bukanlah suatu masalah besar, karena setiap agama memiliki ciri khas dan ajarannya sendiri.

Namun banyak orang yang beragama lebih mementingkan ego pribadi dan kelompoknya (agama) masing-masing dengan mengklaim ajaran agamanya adalah yang paling benar sedangkan yang lain salah, terlebih lagi jika tindakan tersebut disertai hujatan/celaan/pelecehan terhadap agama orang lain. Hal ini yang sebenarnya memicu terjadinya keributan/pertengkaran mengatas namakan agama. Bijak kah tipe-tipe orang seperti itu ?

Bagaimana pandangan anda mengenai mobil pengantin ?

0 komentar: