Coffee Morning

Anda harus lebih Berani daripada yang Anda yakini, Anda harus lebih Kuat daripada yang tampak dan Anda harus lebih Pintar daripada yang Anda kira. AA Milne (1882-1956)

Diri Sendiri

Sejak kita dilahirkan, kita mengalami/menjalani suatu proses belajar, dimana diri kita sendiri yang mengalami/menjalani proses tersebut, walaupun ada bantuan dari luar seperti orang tua dan saudara.

Sejak kita masuk ke bangku sekolah sampai tingkat universitas, kita juga mengalami/menjalani proses belajar tingkat lanjut, dimana masih tetap diri kita sendiri yang menjalani proses tersebut, walau ada bantuan dari guru dan teman sekolah.

Setiap tindakan baik dan buruk yang pernah kita lakukan juga tetap diri kita sendiri yang mengalami/menjalani nya walaupun ada bantuan dari orang lain. Jadi kita pasti mengalami suatu proses belajar untuk tingkat selanjutnya dimana pasti diri kita sendiri lah yang mengalami/menjalani proses tersebut.

Apakah berarti kita egois dan sombong, koq sampai diri kita sendiri yang melakukan semua proses belajar tersebut. Apakah bisa ada orang lain yang melakukan proses belajar tersebut untuk kita, dimana kita tidak perlu capek-capek untuk melalui proses belajar dan hasil yang diperoleh oleh orang lain yang menjalani proses tersebut juga kita peroleh, walau kita tidak mengalami/menjalani proses belajar tersebut ?

Bantuan dari luar diri kita memang ada, dalam semua hal tidak bisa dipungkiri kita mungkin membutuhkan bantuan orang lain dalam mengalami/menjalani proses belajar tersebut, tapi tetap saja kita sendiri lah yang menjalani dan melalui suatu proses itu.

Singkatnya kita lah pelaku/subject dari setiap proses, sedangkan bantuan dari orang lain hanya tambahan yang kadang kita perlukan dalam proses belajar kita dan tidak ada orang yang dapat mengantikan posisi kita dalam menjalani proses tersebut.

Semua perbuatan kita (baik dan buruk) merupakan hasil dari pikiran kita/apa yang kita inginkan/kehendaki dan kita lah subject dari pelaku perbuatan yang akan atau telah kita lakukan. Diri kita adalah musuh kita sendiri, jika musuh tersebut tidak dikalahkan maka diri kita akan menjalani proses yang negatif seperti melakukan hal buruk, malas-malasan dan tidak bersemangat. Tetapi jika kita bisa mengalahkan diri kita sendiri maka diri kita menjadi sahabat yang baik untuk kita.

Kita adalah pelaku dari perbuatan kita sendiri.

0 komentar: