Coffee Morning

Anda harus lebih Berani daripada yang Anda yakini, Anda harus lebih Kuat daripada yang tampak dan Anda harus lebih Pintar daripada yang Anda kira. AA Milne (1882-1956)

Tolak Ukur Meditasi

Seseorang yang pernah menekuni latihan meditasi, pasti pernah mengalami muncul dan tenggelamnya kesadaran, pikiran yang liar sehingga timbul secara bergantian kesan-kesan masa lalu dan harapan-harapan untuk masa depan, timbulnya perasaan yang terus menerus berubah. Disaat itu lah kita melatih untuk mengendalikan semua sensasi yang muncul dengan melatih kewaspadaan kita sehingga muncul ketenangan.

Tapi bagi mereka yang belum pernah menekuni latihan meditasi atau sekedar mencoba meditasi dan belum dapat memperhatikan sensasi yang muncul, tidak akan pernah bisa berpendapat yang sama dengan mereka yang telah menekuni latihan meditasi, apalagi mau mengukur tingkat dan hasil latihan mereka, karena semua pengetahuan tersebut tidak diperoleh oleh mereka yang tidak pernah menekuni latihan meditasi tersebut.

Sama halnya, ketika seseorang mempelajari ilmu kedokteran. Semakin banyak seseorang belajar, maka semakin dalam pengetahuan yang dia peroleh. Tapi apa tolak ukur dari hasil yang diperolehnya ? Hanya mereka yang pernah mempelajari ilmu kedokteran juga (setingkat/setaraf dan tingkat yg lebih tinggi) yang dapat menilainya. Namun apakah orang lain yang tidak pernah mempelajari ilmu kedokteran bisa dengan mudah menilai hasil yang diperoleh seseorang yang telah mempelajari ilmu kedokteran ?

Pertanyaan lainnya, apakah hasil yang diperoleh sama persis untuk setiap orang yang melalui tahaf belajar ilmu kedokteran ?

Saya teringat dulu ketika masih dibangku sekolah dasar, dalam 1 kelas bisa terdiri 30-50 murid (tergantung sekolahannya), dalam 1 kelas semua murid tersebut melalui proses belajar yang sama dan jenis pelajaran yang sama, tapi hasil yang akan diperoleh setiap murid tidak mungkin sama, karena tergantung dari tingkat keseriusan (faktor semangat dan tekat) dan penalaran setiap murid yang melalui proses belajar ?

apakah anak TK bisa menilai hasil belajar yang diperoleh anak disekolah dasar ? Tapi apakah guru dikelas dapat menilai hasil belajar yang diperoleh anak didiknya ? kenapa ?

0 komentar: